by

Waspada! Virus Corona Menyebar Lewat Hp Cina, Benarkah?

Loading...

Bermula dari unggahan di sebuah akun twiter, tertanggal 24 Januari 2020, akhirnya menyebar berita kalau virus Corona menyebar melalui Hp Cina. Bahkan dalam dalam unggahan tersebut disebutkan, Hp yang menularkan virus adalah Xiaomi.

Pada beberapa balasan komentar, si pengunggah status bahkan menyarankan jika kita untuk segera mencuci tangan dengan sabun, jika sebelumnya bersalaman dengan pemilik Hp Xiaomi.

Hingga Hari ini, Rabu (29/1/2020) status tersebut sudah dishare hampir 10 ribu kali. Menurut pantauan kompas.com, akun twiter @coromondol menuliskan status tersebut, setelah membaca keterangan dari cuitan @blogdokter, bahwa virus ini bisa menular melalui benda mati.

virus corona
akun @coromondol

Namun apakah memang seperti yang diungkapkan akun @coromondol?

Menjawab status menghebohkan tersebut, Ikatan Dokter Indonesia menjawab.

Penjelasan Ikatan Dokter Indonesia Soal Virus Corona

 

Tentu saja akun @coromondol terlalu gegabah dalam menyimpulkan. Hal ini sebagaimana keterangan dari ketua Ikatan Dokter Indonesia, dr. Daeng M. Faqih. menurutnya, sebuah penulasarn virus harus dibuktikan dengan pemeriksaan medis.

Namun, masih menurut Daeng, sebuah benda mati bisa menjadi media penularan adalah ketika benda tersebut terpapar cairan dari penderita, kemudian dipegang tanpa cuci tangan, kasus ini memungkinkan sekali terjadinya penularan virus atau penyakit lainnya.

Lanjut Daeng, Hp Xiaomi atau lainnya yang berasal dari Cina, yang beredar di Indonesia tidak bisa dikatakan menyebarkan virus atau menjadi media. Sebab tidak ada syarat minimal penyebaran. Lebih lanjut dia menjelaskan, jika benda tersebut terpapar oleh cairan tubuh penderita lalu benda itu dipegang tanpa cuci tangan, baru bisa tertular.

Cairan yang dimaksud seperti air liur, bersin, batuk, ingus, darah, dan semacamnya. Namun prinsipnya, harus dibuktikan dengan pemeriksaan.

Cara Penularan virus corona

Daeng mengatakan penularan virus bisa dari beberapa hal berikut:

  1. Tertular langsung dari hewan yang mengandung virus.
  2. Tertular langsung dari orang yang sakit, lewat cairan tubuhnya seperti darah, air liur, bersin, batuk, dan ingus. “Kalau kita dekat dengan penderita terus kita kena semprot bersin atau batuknya, bisa tertular,” ujarnya.
  3. Bisa dari benda-benda yang terkontaminasi oleh cairan tubuh dari orang sakit. “Tangan kita menyentuh cairan baik langsung dari hewan atau langsung dari penderita atau tidak langsung dari benda yang terkontaminasi, trus tangan kita kucek-kucek mata,” katanya.

Lalu bagaimana mengenai klaim bahwa, virus menyebar melalui server Xiaomi?

Anggapan ini salah besar. Dan tidak bisa dibuktikan secara medis. Dan ini adalah salah satu hoax yang ada, mengenai virus Corona. []


Loading...

Penulis Arya Wibisana

Arya Wibisana
Lelaki penyuka kopi dan hujan, Gemar menyendiri dan tidak suka makan durian. Belajar untuk konsisten menulis soal harga Hp dan gadget. Semoga saja hujan lekas membawa embun dan membuat basah bumi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru